All About Skin

, , , , ,

SNP Prep: Peptaronic Serum

Dry skin (Source: Pexels)

Kulit kering punya permasalahannya sendiri, tetapi sering kali kalah sorot kalau dibandingkan dengan permasalahan kulit berminyak. Kadar air yang tidak optimal dan kurangnya produksi sebum pada kulit menyebabkan barrier kulit retak, menimbulkan celah yang menjadi pintu masuk benda asing yang menyebabkan reaksi penolakan tubuh terhadap benda tersebut. Reaksinya bisa berupa kemerahan, gatal, perih, dan diperparah lagi jika ada garukan. Sebagian besar orang dengan tipe kulit kering memiliki kulit sensitif dan reaksi alergi terhadap allergen tertentu. Di samping itu,  ketidakseimbangan kadar air dan sebum pada kulit kering yang menyebabkan barrier kulit rusak akan membuat kulit kehilangan elastisitasnya serta menyebabkan kulit memiliki lebih banyak garis halus, kusam, dan terlihat lebih tua. 

Salah satu cara merawat kulit kering agar tetap lembab adalah dengan menggunakan moisturizer. Iklim di Indonesia yang kelembaban relatifnya tinggi, tentu saja moisturizer yang ringan dan cepat menyerap menjadi pilihan yang tepat. Salah satu produk yang cocok untuk kulit kering di iklim tropis ini adalah Peptaronic Serum dari SNP Prep! Apa sih Peptaronic Serum ini? lebih jelasnya yuk kita bahas lebih detail produk asal negeri ginseng ini 😀

Dry skin (Source: Dartmouth Dermatology)

Product in A Nutshell

  • Claim: serum yang menghidrasi wajah dan leher
  • Key ingredients: 6 jenis peptide dan 5 jenis hyaluronic acid
  • Harga: 160.000 (220 ml)
  • Lama pemakaian: 4 bulan

Full Review

OURSKINPAL SCORECARD

1. Packaging: 3.5/5

Peptaronic serum dengan ukuran 220 ml ini agak menyusahkan kalau dibawa bepergian karena makan tempat dan pastinya resiko disita pihak bandara kalau travel by airplane karena regulasi cairan yang boleh dibawa dalam kabin max 100 ml. Botolnya keras dan ngga bisa di-squeeze. Dilengkapi dengan tutup botol fliptop yang cukup firm jadi ngga khawatir bakal tumpah kalau terguling ataupun terjatuh. Lubang tutupnya cukup besar, tapi (ini salah satu minusnya yang bikin turn off banget) produknya cukup susah dikeluarkan walaupun lubangnya besar. Padahal, viskositas serumnya sedang. Untuk mempercepat serumnya keluar bisa sambil di-shake atau kalau masih ngga sabar juga, buka aja ulir tutupnya dan tuangin langsung dari mulut botolnya hehehe. Coba botolnya bisa di-squeeze, akan lain ceritanya.

2. Ingredients: 4/5

Claim produk ini adalah serum containing 6 types of peptide and 5 types of hyaluronic acid helps moisturize and vitalize your skin for a healthier look. Notice ngga kalau peptaronic ini diambil dari 2 key ingredients claim tersebut? PEPTA dari peptide (spellingnya pep.taɪd) dan RONIC dari ironic eh bukaan, hyaluronic acid.

So, what are those 6 peptides and 5 hyaluronic acids they mention? Peptides yang mereka pakai terdiri atas hexapeptide-9, palmitoyl pentapeptide-4, palmitoyl tripeptide-1, tripeptide-1, hexapeptide-11, dan copper tripeptide-1. Sedangkan kandungan hyaluronic acids ada sodium hyaluronate, sodium hyaluronate crosspolymer, hydrolyzed hyaluronic acid, hyaluronic acid, dan hydrolyzed sodium hyaluronate.

6 types of peptide ini secara umum berfungsi sebagai anti aging. Aging merupakan proses alami yang juga terjadi pada kulit, tapi diperparah dengan exposure sinar UV maupun radikal bebas. Degradasi komponen ECM (extracellular matrix) kulit, seperti elastin, collagen, yang ngga bisa dieliminasi secara optimal oleh protein-protein yg berfungsi mendegradasi byproduct tersebut akibat faktor usia, membuat fragment-fragment elastin dan collagen terakumulasi. Nah akumulasi ini secara kasat mata nampak sebagai kerutan wajah yang dalam, wrinkle yang banyak, dan wajah terasa kasar.

Tripeptide-1 berfungsi mempercepat degradasi fragment-fragment elastin dan collagen tadi supaya tidak terjadi akumulasi. Copper tripeptide-1 berfungsi mempercepat degradasi agregat collagen yang lebih besar, menstimulasi collagen synthesis, dan produksi elastin, proteoglycans, glycosaminoglycans, serta memiliki aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Palmitoyl pentapeptide-4 menstimulasi sintesis collagen I, III, dan VI, fibronectin, elastin, dan glycosaminoglycans sehingga kulit lebih elastis. Palmitoyl tripeptide-1 membantu mengurangi panjang dan kedalaman wrinkle, serta mengurangi tekstur kulit kasar. Hexapeptide-11 melindungi  fibroblast dari kerusakan yang diakibatkan oleh oxidative stress sehingga mampu menjaga elastisitas kulit. Last but not least, hexapeptide-9 berfungsi untuk menyamarkan fine lines dan mencegah terbentuknya fine lines terutama pada kening dan area mata. Serta membuat kulit lebih firm dan elastis.

Selanjutnya, 5 jenis hyaluronic acids yang digunakan semuanya memiliki fungsi yang sama yaitu melembabkan kulit. Perbedaannya adalah pada molecular weight dari senyawa tersebut. Semakin kecil molecular weight maka semakin mudah ia meresap ke dalam lapisan kulit. Penggunaan berbagai molecular weight hyaluronic acid ini bertujuan untuk memberi kelembaban pada setiap lapisan kulit. Hydrolyzed sodium hyaluronate memiliki berat molekul yang paling kecil, sehingga dia mampu masuk pada lapisan kulit paling dalam. Diikuti oleh sodium hyaluronate, hydrolyzed hyaluronic acid, hyaluronic acid, dan yang paling terakhir adalah sodium hyaluronate crosspolymer. Sodium hyaluronate crosspolymer memiliki daya ikat air yang tinggi, sehingga mampu menghidrasi kulit lebih lama. 

Satu hal yang menarik dan agak mengkhawatirkan dari formulasi produk ini adalah tidak tercantum preservative pada ingredient list. Apakah ini berarti dia tidak menggunakan preservative? bisa jadi. Resiko kontaminasi microba akan sangat tinggi karena air yang merupakan media pertumbuhan mikroba adalah komponen utama di serum peptaronic ini, berbagai macam extract yang terkandung di dalamnya, dan SKU yang besar dengan konsep multiple use juga menjadi potensi terjadinya kontaminasi mikroba.

3. Application: 4.5/5

Serum yang sangat ringan, cepat meresap di kulit, ngga lengket, baunya harum soft, direction fragrancenya mirip sama fragrance Autan (mosquito repellent lotion yang udah discontinue, jadi sepertinya yang tau ya yang seumuran saya atau lebih tua hehe jadi ketauan deh generasi apa authorsnya ourskinpal) dan sesuai dengan claimnya: moisturize skin. Setelah penggunaan 4 bulan, so far so good and as it says in the box, vitalize your skin for a healthier look. Kulit keringku jadi lebih lembab, garis-garis halus cukup berkurang, dan terasa lebih kenyal.

Tapi sema efek itu nampak setelah 2 bulanan pemakaian rutin. Sekali waktu, pernah stop penggunaannya sekitar semingguan karena lagi males, kulit balík kering dan kusam lagi. Hmm sebenernya it is normal in cosmetic product sih, otherwise it would not be called cosmetics anyway.

Karena serum ini water based, cocok buat kulit kering yg moderate. Kalau kulitnya kering banget, aku rasa pakai ini aja ngga cukup. Perlu ada moisturizer tambahan yang mengandung oil.

PROS:

  • Light
  • Cepat meresap
  • Melembabkan kulit
  • Membuat kulit kampak sehat
  • Murah

CONS:

  • Packaging besar dan kurang praktis
  • Onset lama
  • Kurang cocok untuk kulit super kering
  • Potensi kontaminasi mikroba cukup besar

TOTAL SCORE: 4/5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post terkait

BLP Lip Bullet

Three shades of BLP Lip Bullet (Credit: owner) Here we go again with the fabulous local brand, By Lizzie Parra! This brand has received so

Read More

Our Skin Pal Team

PHARMACIST & Cosmetic Scientist

At day, we are regular workers at cosmetic and personal care companies who are chased by the deadline back to back from creating product concepts, doing formulation trials-and-s̶u̶c̶c̶e̶s̶s̶-error, to actually promoting the products on our personal social media when they are launched, just for the sake of the company’s life. The more people know about our product, the more the company makes profit, even though nothing changes in our bank account for sure. No, just kidding! Honestly, it’s also for the sake of our ego and pride :D

Meanwhile, at night (red: weekends, to be precise, mostly whenever we get the mood), we manage ourskinpal website just for fun! Nope, just kidding again! We actually feel the need to correct what has gone viral but is wrong by sharing our insight and knowledge; hence, people would not get misled by the sheer amount of false information circulating like crazy. So, we hope you can benefit from this blog and share it with your loved ones!

Our Favorite Posts
Sponsor

Don't Miss Us

Bergabung dengan mail list Our Skin Pal untuk mengetahui postingan terbaru
Categories